Kondisi Air

Udang Red Fire


(Lanjutan artikel: Perilaku)

Kondisi air, tidak boleh ada ammonia atau nitrite hadir dalam tangki/ aquarium red kristal Anda. 

Usahakan Anda memiliki tangki yang sudah bersiklus (inapkan air dalam tangki/ aquarium lengkap dengan tanaman air di dalamnya selama beberapa hari).

Temperatur optimum: 22-25 derajat celcius. Dapat mentoleransi sampai dengan 28 (tetapi hanya dengan aerasi yang kuat dan tidak terlalu padat.)

Optimal pH: 6,2-7,2

Basa rendah atau pH netral baik untuk udang karena cangkang invertebrata alkali di alam. Keasaman merugikan udang (sama untuk kepiting dan siput) yang bereaksi dengan alkali alam, menyebabkan lubang-lubang mikroskopis. 

Lubang inilah yang merupakan awal dari masuknya serangga mikro yang akan bertengger di tubuh UDANG KRISTAL. Kondisi kolam yang asam menyebabkan kulit udang kurang mengkilat karena lubang mikro ini menyebabkan kulit permukaan udang tidak sehat/ mati.

Jika kondisi air kurang dari sempurna, maka akan LEBIH BAIK untuk memilih pH rendah karena pada pH rendah, limbah nitrogen kurang beracun.

Penggantian air bisa dilakukan sebanyak 30% per minggunya. Hal ini tak berlaku padaa kolam yang airnya mengalir. Penggantian dimaksudkan untuk membuang racun dan memberikan kandungan oksigen yang baik. 

Jika pH air baru Anda tidak sama dengan pH air di aquarium/ kolam anda, maka masukan air secara perlahan dan sedikit demi sedikit ke dalamnya agar udang Anda tidak terlalu terkejut dengan perubahan kondisi air yang terjadi.

(Bersambung: Pakan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox

@templatesyard